CARA MEMBUAT KUE BHOI KHAS ACEH



Resep Kue Bhoi Khas Aceh Asli Enak Sederhana Dan Spesial. Kue dengan tekstur yang lembut seperti bolu Aceh ini bentuknya sangat bervariasi dan bermacam-macam, itu semua tergantung dari cetakan atau loyang yang digunakan, kita bisa menggunakan cetakan bentuk ikan atau kue bhoi ikan, cetakan bunga untuk kue bhoi bunga, dll. Kalau tanya rasa kue ini ya jelas toh rasa kue ini manis, cocok untuk menemani minum teh atau kopi, dan tak hanya itu juga kue ini juga cocok dan pas untuk oleh-oleh khas Aceh.

Kue Bhoi adalah kue tradisional asli Aceh yang melegenda. Kue ini wajib ada disetiap hari-hari istimewa, seperti pernikahan atau lainnya, kalau di-Jawa sih makanan kue ini seperti Apem atau jenang. Kalau dari arti bahasa bhoi itu sendiri artinya adalah bolu (dalam bahasa Aceh).

Kalau kita lihat di Wikipedia, Bhoi adalah bolu khas Aceh. Penganan ini memiliki bentuk yang beraneka ragam, ada yang bentuknya bintang, bunga, hewan dan lain-lain. Untuk mengetahui kue Bhoi sangat mudah karena kue ini memiliki ciri khas dengan teksturnya yang kasar dan ukurannya yang lebih kecil serta padat jika dibandingkan dengan kue lainnya.

Gambar Cetakan Kue Bhoi Khas Aceh Aneka Bentuk Bunga

Sejarah asal mula kue bhoi ini adalah dari adat istiadat, dulu kue bhoi ini biasa dijadikan seserahan yang diberikan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita pada saat pernikahan. Tapi sekarang dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, kue ini beralih fungsi menjadi buah tangan atau oleh-oleh jika ada sanak saudara yang berkunjung ke rumah. dan tidak hanya dalam pernikahan saja, kue ini juga ada di acara kelahiran maupun khitanan.

Kue Bhoi ini bisa kita jumpai di pasar-pasar tradisional  maupun acara pesta rakyak di kampung-kampung di Aceh. Bahkan kui ini menjadi wajib dibawa saat pesta perkawinan baik seserahan dari Linto baro (pengantin Pria) maupun Dara Baro (Pengantin Wanita). Jika Anda tertarik ingin mencobanya dirumah, berikut adalah resep masakannya untuk Anda.

Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kue bhoi istimewa sajian sedap lengkap dengan cara bikin sendiri dirumah atau ala rumahan (homemade) lengkap dengan step by step nya yang anti gagal, bisa dikonsumsi sendiri ataupun di buat usaha aneka bisnis kue bhoi dengan harga ekonomis murah meriah.


RESEP KUE BHOI ACEH



BAHAN :
  • 250 Gram tepung terigu

  • telur ayam 5 Butir 

  • 2 Bungkus vanili

  • 1/4 sdt soda kue bubuk

  • Mentega secukupnya untuk mengoles loyang/cetakan kue bhoi

  • gula pasir 250 Gram 



CARA MEMBUAT KUE BHOI KHAS ACEH :


  1. Siapkan semua bahan dengan baik dan lengkap

  2. lalu ambil wadah bersih, setelah itu masukkan telur dan tambahkan gula pada wadanya

  3. setelah itu kocok telur tersebut sampai adonannya mengembang dengan baik

  4. lalu masukkan vanili dan soda kue

  5. lalu kocok lagi sampai menyatu atau merata dengan baik

  6. masukkan tepung terigu dan aduk lagi sampai merata

  7. siapkan cetakan

  8. lalu masukkan adonan dasar bolu bhoi kedalam cetakan, bisa cetakan bentuk bunga, hewan, atau lain-lain

  9. panggang semua adonan sampai matang dalam oven

  10. tunggu sampai matang, dan angkat

  11. sajikan dan simpan di wadah tertutup agar kue bhoi bisa tahan lama.


Terimakasih.

0 Response to "CARA MEMBUAT KUE BHOI KHAS ACEH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel