Kue Keciput Renyah Enak Praktis Ekonomis



Selamat siang semua….



Lebaran kurang beberapa hari lagi



isian toples sudah penuh belummm…



Kue Keciput Renyah Enak Praktis Ekonomis



Ibu ibu disini pasti pada sibuk bikin kue jauh jauh hari ya…



Hari ini saya coba bikin KECIPUT



ternyata bahannya irit dan mudah bikinnya



Jadinya banyak banget….




Kue keciput terlihat mirip dengan kue onde-onde, namun berukuran mini dan rasanya sangat renyah. Kue ini ‘polos’ tanpa isian dan bagian luarnya juga berbalur biji wijen. Yuk, cari tahu cara membuatnya sendiri agar lebih istimewa.




Versi Wikipedia Indonesia, kue kering keciput khas lebaran adalah makanan sejenis onde-onde kecil yang berasal dari Jepara Jawa Tengah dan sekitarnya. Rasanya yang enak, dengan ciri khas manis gurih membuat kue keciput masuk menjadi oleh-oleh khas dari Jepara.




Bentuk klasik (original) kue keciput yang terbuat dari tepung ketan ini adalah bulat memanjang menyerupai kotoran ayam yang di balut biji wijen di seluruh bagian bulatannya. Jika di lihat sekilas kue keciput wijen tepung ketan ini memang hampir mirip dengan kue onde-onde. Namun yang membedakan kalau onde-onde ada isiannya seperti kacang hijau dan kacang hitam yang basah.




Sedangkan untuk resep kue keciput wijen tepung ketan ini kering, bertekture renyah dan tanpa isian pastinya. Rasanya gurih dan berukuran lebih kecil-kecil daripada onde-onde. Kalau di lihat sekilas malah mirip onde-onde ketawa kecil yang sekali kletus kalau di makan. Sehingga muncul nama baru untuk kue ini yaitu onde-onde ceplis dan onde onde crispy.




Cara membuat resep kue keciput wijen tepung ketan yang renyah ini menurut saya cukup mudah dan tidak sulit. Untuk proses pembuatannya sendiri berasal dari bahan utama telur, margarin, tepung terigu dan juga adonan perasa. Semua bahan tersebut dicampur dan di aduk menjadi satu sampai rata. Tunggu adonan mengembang dan adonan mengeras, kue keciput pun siap untuk di bentuk bulat memanjang atau bulat kecil-kecil sesuai selera.




Usai membentuk adonan kue keciput wijen ukuran kecil atau ukuran kotak dadu, tak lupa adonan diayak dengan wijen. Cara ini agar lebih mudah untuk menaburkan wijen secara merata ke seluruh permukaan kue. Baru deh di goreng sampai terapung dan berwarna kecoklatan dengan menggunakan api kecil.




Tak panjang lebar lagi, langsung saja yuk di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Kue Keciput Wijen Tepung Ketan seperti berikut ini.




Kalau ada yang mau resepnya



monggo dicatet ya




Bahan



  • 1 bungkus tepung ketan rose brand

  • 4 butir telor

  • 9 sendok makan gula pasir

  • 1 sendok makan mentega

  • 1/2 sendok teh soda kue

  • Sejumput garam

  • 1/4kg Wijen

  • Air secukupnya


Cara membuat



  1. Siapkan wadah, masukkan telor,gula,garam, soda kue,dan mentega…

  2. Kocok hingga gula larut

  3. Setelah itu masukkan tepung ketan.. Uleni hingga tercampur rata

  4. Tambahkan air jika dirasa adonan masih kering

  5. Siapkan wijen

  6. Bentuk adonan melonjong kemudian gulingkan di wijen

  7. Lakukan sampai adonan habis ya

  8. Setelah itu panaskan minyak… Goreng hingga kecoklatan

  9. (apinya jangan gede gede yaaa… )



SELAMAT MENCOBA 




Sumber : facebook









0 Response to "Kue Keciput Renyah Enak Praktis Ekonomis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel